Rahasia Makanan Orang-orang Panjang Umur

Rahasia Makanan Orang-orang Pangjang Umur. Okinawa adalah sebuah daerah di bagian selatan Jepang di mana penduduk secara tradisional memiliki rentang hidup terpanjang di Bumi. Beberapa makanan di bawah ini dikenal sebagai dietnya orang Okinawa. Apakah ini resep umur panjang orang-orang di sana?

Ubi jalar
Di masa lalu, orang Okinawa makan ubi jalar. Beras, khususnya beras putih, lebih mahal dan sedikit simbol status, itu adalah sesuatu yang dikonsumsi hanya oleh orang-orang kaya. Hal yang rapi adalah bahwa ubi jalar yang padat nutrisi dan kaya akan vitamin A dan C, kalsium dan potasium. Mereka juga tinggi serat dan mengandung vitamin E.

Kedelai
Diet Okinawa tradisional termasuk kedelai dalam bentuk pasta miso dan tahu. Kedelai adalah sumber protein nabati, dan menyediakan sebagian besar protein dalam diet Okinawa. Kedelai juga mengandung phytochemical yang disebut flavonoid dan phytoestrogen, yang mungkin memiliki kualitas mempromosikan kesehatan.

Melon pahit
Bitter melon adalah labu yang juga dikenal sebagai goya, goo-fa atau ku gua. Ini digunakan dalam salad, makanan tumis dan dapat dibuat menjadi jus atau teh. Memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, ditambah memiliki beberapa phytochemical yang bermanfaat.

Jamur shiitake
Jamur ini ditemukan di banyak jenis masakan Asia. Mereka bergizi, dan mereka mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatur kolesterol. Kamu dapat menemukan jamur ini di bagian produksi dari toko grosir, atau mereka dapat ditemukan di lorong sayuran kaleng.               

Rumput laut
Kombu, hijiki, dan Mozuku adalah rumput laut yang biasa digunakan di Okinawa. Mereka sering disajikan dengan mie, dalam salad, di aduk-kentang goreng, dan dengan sayuran. Rumput laut tinggi yodium, folat, kalsium, zat besi, magnesium dan astaxanthin. Memang tidak mudah untuk menemukan jenis rumput laut di toko kelontong khas, tetapi kamu mungkin dapat menemukan nori, yang dijual di lembaran tipis, dan kadang-kadang digunakan ketika mempersiapkan sushi.

Rempah-rempah
Beberapa bumbu yang digunakan dalam diet ini memiliki potensi untuk manfaat kesehatan dan menambah rasa tanpa menambahkan kalori. Mereka termasuk kunyit, mugwort, paprika Okinawa, dan biji adas.

Seperti apa Diet Okinawa ?

Diet Okinawa adalah rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menurunkan atau menjaga berat badan, yang penting untuk menghindari penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Diet Okinawa adalah makanan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis untuk sejumlah alasan:

Pertama, rendah lemak (terutama lemak jenuh), tapi masih tinggi asam lemak omega-3. Setidaknya beberapa bentuk lemak jenuh dapat meningkatkan peradangan dan omega-3 cenderung mengurangi peradangan.

Kedua, rendah karbohidrat olahan (seperti gula), sehingga tidak memiliki dampak besar pada kadar gula darah. Itu bagus karena lonjakan gula darah bisa berkontribusi untuk pro-inflamasi dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit kronis dan peradangan.

Ketiga, tinggi vitamin C, E dan A, dan fitokimia. Nutrisi ini bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas (hal-hal seperti asap, polusi, lemak tengik dan minyak dan sebagainya). Nutrisi ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Itulah makanan yang dikomsumsi sebagai  Rahasia Makanan Orang-orang Pangjang Umur

Baca juga artikel Tips Jitu Hidup Sehat

sumber cnn indonesia